Blog

Memasarkan Produk Lewat Instagram, Gimana Caranya? Marketing Instagram adalah salah satu cara untuk memasarkan produk dalam dunia bisnis. Sebelum membahas tentang detail marketing instagram, kita bahas dulu macam-macam sosial media yang dapat digunakan sebagai media pemasaran. Sosial media sekarang memiliki peran penting dalam strategi pemasaran bagi bisnis kecil maupun bisnis besar.

Banyak usaha kecil menengah (UKM) di seluruh dunia telah menemukan cara untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan sosial media. Berkembangnya jenis sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Blog, bahkan E-commerce juga turut mendukung berkembangnya perjalanan bisnis. Dalam dunia bisnis, sosial media memiliki kekuatan tersendiri dalam strategi pemasaran. Salah satu strategi pemasaran yang dilakukan di sosial media selain penjualan adalah pengenalan brand atau merk, menarik calon konsumen, hingga membuat iklan. Pemasaran menggunakan sosial media  adalah cara yang paling mudah dilakukan. Saat ini pun beberapa perusahaan meng-hire orang untuk dijadikan tim yang bertugas memasarkan produk menggunakan sosial media. Salah satu sosial media yang saat ini paling banyak digunakan adalah Instagram.

Instagram muncul pada tahun 2010 dengan mengalami banyak perubahan diawal kemunculannya. Semakin berjalannya waktu Instagram semakin dipercaya oleh banyak orang  sebagai aplikasi berbagi foto dan video, menerapkan filter digital dan dapat diunggah di jejaring media sosial lainnya. Karena semakin banyak penggunanya, pada 09 April 2012 Instagram diambil alih oleh Facebook.  Hingga saat ini Instagram tak hanya berperan sebagai ajang kenarsisan namun dimanfaatkan oleh beberapa brand atau produk untuk memasarkan produknya. Menjadi pertanyaan adalah seberapa pengaruhnya  marketing Instagram terhadap pemasaran di Indonesia? Berikut akan dijabarkan lebih dalam lagi untuk menjawab pertanyaan tersebut. Dilansir dari sumber terpercaya pengguna Instagram aktif mencapai lima ratus juta orang.

Jumlah ini melebihi pengguna Twitter yang hanya mencapai dua ratus juta orang. Dari lima ratus juta orang sekitar 59% log in Instagram setiap harinya. Hal menarik yang perlu diulik dari Instagram adalah pertumbuhannya. Bayangkan saja pertumbuhan instagram lima kali lebih cepat di banding sosial media lainnya seperti Facebook dan Twitter. Hingga dalam dua tahun survey menunjukkan lebih dari 300% dari seluruh dunia sudah memiliki akun instagram. Selain itu hal yang patut disoroti adalah penggunanya. Sebagian besar penggunanya adalah generasi Z dan generasi  millennial, dimana usia mereka rata-rata 13-17 tahun (kategori remaja) hingga 18-29 tahun (kategori dewasa muda), dan disusul kategori dewasa usia 30 tahun keatas. Generasi Z dan generasi millennial memiliki tingkat keakraban dengan teknologi.

Mereka mudah menyerap beragam hal yang ada di sosial media lewat gawai mereka. Ini menjadi alasan kuat mengapa beberapa brand menggunakan marketing Instagram sebagai strategi pemasaran yang tepat di era digital. Ketika brand atau merk tersebut membuat akun Instagram timbulah pertanyaan apa pengaruh marketing Instagram untuk keperluan bisnis terutama strategi pemasaran. Berdasarkan survey yang sudah dilakukan ternyata 100 brand ternama dunia memiliki akun Instagram. Beberapa diantaranya adalah brand baru yang sukses mencuri perhatian dengan memanfaatkan marketing Instagram yang tepat. Namun, yang membuat orang penasaran bagaimana marketing Instagram itu berpengaruh pada startegi pemasaran yang dilakukan brand baru tersebut hingga cepat dikenal oleh masyarakat? Ternyata kuncinya adalah gambar yang menarik, caption yang ditulis, dan penggunaan hashtag memiliki pengaruh yang kuat dalam memasarkan produk lewat Instagram.

Mungkin, tak hanya gambar melainkan konten berupa video membuat ketertarikan banyak orang. Bayangkan saja jika ke tiga hal tersebut dilakukan dengan sangat baik dan berkesinambungan dalam waktu kurang lebih 19 jam, brand kamu cepat dikenal oleh semua orang. Nah, barulah kita tahu betapa dahsyatnya marketing Instagram sebagai sosial media pemasaran. Selanjutnya marketing Instagram perlu digali lagi agar mengenalkan sebuah brand itu menjadi tepat sasaran. Ternyata mereka juga mempertimbangkan hal-hal yang luput dari perhatian, yaitu hari dan jam yang tepat untuk mempost sebuah foto. Rata-rata brand tersebut mempost foto paling tidak seminggu sekali. Sekarang  ini beberapa brand mejadikan marketing Instagram sebagai sarana utama dalam pemasaran. Produk mereka tak bisa lepas dari Instagram. Maka dari itu beberapa brand berlomba-lomba melakukan marketing Instagram dengan strategi yang unik dan kreatif. Instagram membuat dekat antara konsumen dengan brand.

Konsumen akan merasa senang karena suaranya didengar dan dilibatkan langsung. Hal ini juga menunjukkan manfaat marketing Instagram sebagai peningkatan brand awareness. Jika kamu memiliki sebuah brand yang siap dipasarkan dan dikenalkan oleh publik lewat sosial media khususnya Instagram, tetapi kamu butuh strategi pemasaran kreatif dan belum mengerti bagaimana mewujudkannya, percayakan pada kami. Kami siap menjadikan brandmu diterima dan dikenal luas oleh masyarakat. Jika kamu ingin tahu lebih dalam tentang digital marketing itu apa bisa baca disini.
Share